Surabaya---SKK Migas telah resmi mendapatkan akreditasi SNI ISO 37001 dan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (LSSSMAP) Mutu Agung Lestari. Selain hal tersebut, SKK Migas juga terdaftar dalam skema MUTU Certification dalam ruang lingkup penerapan sistem manajemen anti penyuapan. Pemberian akreditasi tersebut disaksikan oleh Kepala Badan Sertifikasi Nasional (BSN) dalam rangkaian acara Bulan Mutu Nasional yang diselenggarakan pada Jumat (26/10/2018) di Surabaya Convex.

Penerapan SNI ISO 37001 merupakan upaya konkret untuk menjaga reputasi SKK Migas sesuai prinsip-prinsip tata kelola yang baik (good governance), yaitu transparency, accountability, responsibility, independency, fairness, dan integrity; serta memberi kerangka sistematis mengenai anti penyuapan. Upaya-upaya ini diperlukan untuk mengamankan investasi di hulu migas. Terlebih, proses untuk memproduksikan minyak dan gas dari perut bumi membutuhkan investasi yang besar. Agar proses tersebut dapat berlangsung efektif dan efisien, maka investasi sudah semestinya tidak terganggu oleh kepentingan-kepentingan non investasi, yang mana salah satunya melalui praktik penyuapan.

 “SKK Migas perlu fokus kepada proses pengambilan keputusan yang berdasarkan perhitungan maupun kalkulasi profesional serta tidak terpengaruh pada hal-hal yang menjadikan proses lebih lambat dan mahal. Jika maksud ini tercapai, maka SKK Migas akan lebih mudah untuk konsentrasi kepada core business yaitu mencari dan memproduksikan migas demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”, ucap Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi.