Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Papua dan Maluku (Pamalu), Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang beroperasi di wilayah Pamalu, dan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kegiatan Capacity Building “The Ambassador” bagi para mahasiswa asal Pamalu. Kegiatan yang diselenggarakan Senin (28/5), di Yogyakarta, tersebut mengusung tema “Hulu Migas Membangun Pribadi Berkarakter Pejuang”.

 

“Tujuan inti dari acara ini adalah membangun mental pejuang di kalangan mahasiswa,” ujar Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu A. Rinto Pudyantoro.

 Kepala Perwakilan SKK MIgas Pamalu Sapaikan Tujuan Kegiatan

Saat ini jumlah mahasiswa asal Pamalu yang kuliah di Yogyakarta cukup signifikan. Kegiatan ini bertujuan membekali para mahasiswa dengan seperangkat soft skill sehingga saat pulang nanti mereka bisa menjadi duta perubahan (the Ambassador) di tengah masyarakat.

 

Acara ini diikuti oleh sekitar 220 peserta. Dari jumlah tersebut, 170 orang merupakan mahasiswa asal Pamalu yang kuliah di UGM, UPN Veteran, STTNas, UP45, dan UST Akprind. Dalam acara tersebut mereka menerima materi motivasi berprestasi dari pekerja hulu migas asal Pamalu dan dari tokoh daerah Maluku yang inspiratif. Acara juga diisi dengan deklarasi komitmen bersama untuk menyelesaikan studi tepat waktu dengan prestasi akademik yang sangat memuaskan. Peserta juga mendapatkan   sejumlah materi untuk mengembangkan kemampuan soft skill lainnya  yang diperlukan untuk menjadi  duta perubahan bagi diri sendiri, keluarga, daerah, nusa dan bangsa. Acara ini juga diisi dengan paparan materi pengenalan industri hulu migas dengan fokus utama operasi hulu migas di Wilayah Pamalu.

 

Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Ir Bambang Irjanto, MBA menyambut baik pelaksanaan acara ini dan menekankan pentingnya mahasiswa asal Pamalu untuk tetap menghargai asal usul mereka. “Kita berharap para mahasiswa memiliki wawasan global namun tidak lupa asal mereka,” ujarnya. (alf)