Workshop dan Site Visit PRE FAMI II 2019 : “Aspek Operasional dan Tata Kelola Gas”

Perwakilan Kalimantan & Sulawesi

Wed, 11 September 2019 09:09 David Pratama

Home Berita

Workshop dan Site Visit PRE FAMI II 2019 : “Aspek Operasional dan Tata Kelola Gas”

Samarinda - Bontang, 9 - 11 September 2019

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama Forum Auditor Migas Indonesia (FAMI), menyelenggarakan kegiatan workshop dan site visit dengan tema “Aspek Operasional dan Tata Kelola Gas”. Kegiatan workshop dan site visit ini dilaksanakan pada Senin sampai Rabu tgl 9-11 Sept 2019 di Samarinda, dilanjutkan kunjungan ke lapangan dilaksanakan di Bontang dengan mengunjungi Fasilitas PT. Badak LNG dan PT. Pupuk Kaltim.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program kerja FAMI 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan terkait aspek pengelolaan lapangan gas yang dilihat dari sudut pandang resiko dan fraud bagi pekerja dari fungsi GRC (Governance, Risk, Compliance) baik di SKK Migas maupun Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Pengawas Internal SKK Migas, Taslim Z. Yunus mengatakan bahwa tren energi Indonesia ke depan adalah gas, produksi gas pun akan lebih dominan dibanding produksi minyak, oleh karena itu workshop kali ini mengangkat tema mengenai gas. "Saat ini sudah

terjadi perubahan paradigma, yaitu dari minyak ke gas, dari onshore ke offshore, dan dari shallow ke deep water. Cadangan gas di Indonesia juga masih banyak yang belum di eksplorasi, hampir 75% reserve gas tersebut ada di wilayah Timur Indonesia", lanjut Taslim.

Taslim berharap setelah mengikuti workshop ini, para peserta dapat memiliki tambahan wawasan dan pengetahuan terkait aspek operasional dan tata kelola gas sehingga dapat meningkatkan perannya baik dalam memberikan assurance dan advisory di organisasinya masing-masing.

Materi yang disampaikan dalam workshop ini cukup beragam yaitu dari sisi aspek produksi dan lifting gas, proyek-proyek gas, komersial gas, akuntabilitas pengelolaan gas, serta sharing dari para KKKS produsen gas di wilayah Kalimantan Timur. Kegiatan kali ini dihadiri sekitar 80 peserta yang berasal dari SKK Migas, KKKSdan BUMN (PT. Badak LNG dan PT. Pupuk Kaltim) yang sebagoan merupakan auditor.

Untuk kegiatan kunjungan lapangan ke fasilitas PT. Badak LNG dan PT. Pupuk Kaltim, Sutrisno Sunjoyo selaku Ketua Panitia menyatakan bahwa dengan kunjungan tersebut, diharapkan para peserta akan banyak memperoleh gambaran dan penjelasan mengenai overview pengelolaan lapangan gas

bumi yang akan bermanfaat untuk menambah wawasan dan

pengalaman khususnya bagi para Auditor yang tergabung dalam wadah organisasi FAMI ini.

Kegiatan Workshop dan Site Visit PRE FAMI II Tahun 2019 ini merupakan lanjutan dari kegiatan Pre FAMI I yang telah dilaksanakan pada April lalu dan merupakan rangkaian dari acara puncak FAMI yaitu FAMI Summit yang akan dilaksanakan pada awal November 2019.

Top