SKMIGAS OPTIMIS PENERIMAAN NEGARA TERLAMPAUI

Mon, 26 November 2012 13:23 David Pratama

Home Berita

Jakarta – Menteri ESDM selaku Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKMIGAS) Jero Wacik optimis target Penerimaan Negara dari sektor hulu migas yang ditetapkan oleh Pemerintah dan DPR akan terlampaui tahun ini.

"Penerimaan bruto kita dari industri hulu migas pada  akhir tahun 2012 nanti diperkirakan sebesar US$ 62,243 Miliar. Dari jumlah tersebut, sebesar US$ 35,97 milyar akan menjadi hak Negara, atau 58 persen dari gross," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR hari ini (26/11).

Sementara Kontraktor KKS mendapatkan hasil sebesar US$ 10,608 Miliar, atau 17% dari gross revenue. "Apabila itu tercapai, maka  pencapaian sektor Hulu Migas akan mampu memenuhi target penerimaan dari Pemerintah sebesar 107 persen dari target APBNP."

Selain itu, dalam rangka melakukan penghematan, Kepala SKMIGAS juga menginstruksikan agar SKMIGAS merubah aturan dan budaya organisasi yang dinilai sebagian stakeholders tidak bagus. Tujuannya, untuk peningkatan citra. Saya meminta mereka melakukan upaya penghematan agar tidak dicap boros.

"Dan saya sangat gembira karena SKMIGAS merespons dengan cepat, dengan cara menurunkan standar fasilitas kedinasan dan penghematan lain. Misalnya menurunkan standar mobil dinas pejabat, menurunkan standar fasilitas perjalanan dinas baik menyangkut akomodasi maupun tiket serta mengusahakan agar semua pelatihan dilakukan di dalam kantor. Saya rasa ini perlu diapresiasi oleh kita semua karena akan menghasilkan penghematan sekitar Rp 60 miliar per tahun," jelasnya.

Dengan meningkatnya kemampuan Organisasi BPMIGAS, proses persetujuan Plan of Development (POD) juga dapat dipercepat, dari yang sebelumnya membutuhkan waktu rata-rata 47 hari pada tahun 2006-2007 menjadi hanya 28 hari pada tahun 2010-2011. Untuk tahun 2012 ini kami menargetkan proses persetujuan sudah dapat diselesaikan pada  tanggal 13 Desember 2012.(DWI)

Top