SKK Migas Kalsul Dukung Pelaksanaan Program Hulu Migas Goes to Campus SKK Migas di Universitas Sam Ratulangi.

Kantor Pusat Jakarta Perwakilan Kalimantan & Sulawesi

Thu, 24 October 2019 15:49 David Pratama

Home Berita


Program Hulu Migas Goes to Campus bertujuan untuk memberikan edukasi tentang Kegiatan Hulu Migas kepada civitas akademika. Salah satu tempat yang terpilih dalam pelaksanaan kegiatan Hulu Migas Goes to Campus di Universitas Sam Ratulangi, Manado yang dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2018. Turut hadir dalam kuliah umum tersebut perwakilan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Energi Equity Epic (Sengkang) .

Peserta yang hadir kurang lebih 100 orang yang berasal dari Fakultas Hukum, Fisipol, Ekonomi, Pertanian, Kedokteran, Fisika, Akuntansi.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Bapak Drs T.A.M Ronny Gosal yang dalam sambutannya menyampaikan apreasiasi dan terima kasih kepada SKK Migas yang telah mempercayakan penyelenggaraan kegiatan ini hingga mahasiswa/i UNSRAT mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan terkait dengan kegiatan hulu migas yang berada di seluruh wilayah Indonesia serta menyampaikan usulan agar kegiatan ini juga dapat dilaksanakan kembali tahun depan pada bulan April atau Mei 2020 dimana pada bulan tersebut belum terlalu banyak aktivitas ujian dan agenda perkuliahan lainnya

SKK Migas Perwakilan Kalsul dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang sama kepada pihak UNSRAT yang telah bersedia menerima pelaksanaan program ini. Dengan konsumsi BBM Indonesia yang tidak sebanding dengan produksi, dibutuhkan kegiatan eksplorasi di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan eksplorasi ini hendaknya dipahami oleh semua pihak sebagai upaya Negara untuk menjaga ketahanan energi nasional. Sehingga seluruh elemen masyarakat harus mendukung kegiatan ekplorasi migas di daerahnya. Sedangkan untuk optimalisasi tingkat produksi saat ini, Terdapat 4 strategi yang dilakukan oleh SKK Migas dalam kegiatan hulu migas yaitu:

1. Mengoptimalkan produksi dan memastikan WP&B terlaksana sesuai dengan kegiatan dan peruntukkan program - program yang telah disepakati dan disetujui SKK Migas.

2. Kemudahan prosedur, mempercepat/speed up resource to production dgn salah satunya mempercepat Plant Of Development (POD).

3. Mengiotimalkan tingkat produksi migas dengan penggunaan pengurasan tingkat lanjut:teknologi - EOR.

4. Mencari cadangan- cadangan migas terbaru dengan meningkatkan kegiatan eksplorasi.

Oleh karena itu melalui kegiatan Edukasi ini, kami harapkan semua pihak bisa saling memahami pentingnya ekplorasi migas bagi Negara Indonesia. Diharapkan pemahaman itu bisa disampaikan pada masyarakat luas oleh civitas akademika.

Kegiatan diawali dengan pre test melalui mentimeter yang dipandu oleh Spesialis Dukungan Bisnis, SKK Migas Perwakilan Kalsul dan dilanjutkan dengan paparan dari 3 narasumber yaitu :

1. Bapak Ngatijan (Kepala Divisi Operasi dan Produksi, SKK Migas) membawakan materi Overview Industri Hulu Migas Indonesia.

2. Bapak Muhammad Harifan(Jr. Geologist, Energy Equity Epic Sengkang) dengan materi pengenalan proses kegiatan drilling serta operasional KKKS.

3. Ibu Lely Sondakh (Manajer Administrasi dan Keuangan, SKK Migas Perwakilan Kalsul) yang mensosialisasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan - SMAP, berupa 4 No's dan ISO 37001 : 2016.

Diakhir acara, dilakukan post test juga melalui mentimeter untuk mengetahui pemahaman para peserta terkait materi yang kembali dipandu oleh Spesialis Dukungan Bisnis, SKK Migas Perwakilan Kalsul dengan hasil bahwa cukup baik dimana para peserta rata-rata 80% dapat menjawab secara benar atas pertanyaan yang diajukan. Para peserta juga menganggap kegiatan "Hulu Migas Goes to Campus" menambah wawasan mengenai kegiatan pengelolaan migas Indonesia.

Top