SKK Migas Kalsul dan KKKS Laksanakan Edukasi dan Media Gathering 2019.

Perwakilan Kalimantan & Sulawesi Kantor Pusat Jakarta Berita KKKS

Thu, 10 October 2019 09:17 David Pratama

Home Berita

Edukasi dan Media Gathering 2019 ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini mengambil tema "Peran Media dalam Membangun Opini Publik yang Positif Bagi Industri Hulu Migas dan Peningkatan Oeran Media Sosial dalam Mendukung Kegiatan Usaha Hulu Migas" diikuti oleh SKK Migas, 16 KKKS Kalsul yang membawa 45 jurnalis/wartawan dari berbagai media baik cetak maupun elektronik di wilayah Kalsul.

Kepala Perwakilan SKK Migas Kalsul dalam sambutannya menyampaikan bahwa media merupakan stakeholder penting bagi industri hulu migas dalam menyampaikan pemberitaan hulu migas kepada publik. Dalam penulisan berita hulu migas kritikan yang bersifat konstruktif (membangun) dapat memberikan masukan positif bagi perbaikan dan penyempurnaan pelaksanaan kegiatan industri hulu migas kedepan.

Kegiatan Edukasi Media ini menghadirkan 4 orang narasumber sbb :

1. Hariqo Wibawa Satria (Komunikonten) - Media Sosial Untuk Kepentingan Nasional dan Monitoring Media Sosial.

Perkembangan internet mulai tahun 1969 dan media sosial yang dimulai sejak tahun 1998 hinggq saat ini sangat membawa perubahan atas penyebaran informasi dunia saat ini. Hasil survei terhadap media sosial dari 75.000 responden pada 38 negara (tidak termasuk Indonesia) pada bulan Januari-Februari 2019 oleh Reuters Institute didapatkan hasil bahwa 55% responden khawatir dengan berita yang salah; responden enggan untuk membayar berita yang berkualitas, 37% memilih layanan video, 15% memilih layanan musik dan hanya 7% memilih berita; dominasi facebook, instagram dan whatsapp. Sebelum adanya internet dan media sosial, dulu penyampaian informasi produk melalui media cetak untuk sampai kepada konsumen namun sekarang melalui internet dan media sosial bisa langsung kepada konsumen. Internet dan media sosial juga membawa dampak terhadap media konvensional (cetak dan elektronik) serta perubahan terhadap masyarakat. Dalam penggunaan internet dan media sosial juga dituntut aspek keamanan (terhadap penyalahgunaan data, penipuan, hoax), kreatifitas (menampilkan konten yang menarik) dan kolaborasi (berbagai kepentingan). Internet dan media sosial juga berpotenai memunculkan akun palsu serta tips mendeteksi akun palsu. Karena saat ini penggunaan internet dan media sosial tidak dapat dihindari, namun keberadaannya perlu dimanfaatkan dan dikelola oleh perusahaan melalui tim yang secara khusus menangani media sosial agar antisipasi dan klarifikasi isu/masalah yang muncul di internet bisa cepat ditangani dengan cepat serta tips monitoring media sosial.

2. Usman Kansong (Media Indonesia) - Jurnalisme Migas.

Jurnalisme migas didefinisikan sebagai keseluruhan proses jurnalistik dalam pemberitaan minyak dan gas bumi. Jurnalisme migas diperlukan karena migas merupakan hajat hidup orang banyak dan sektor migas merupakan salah satu penopang perekonomian negara, sementara jurnalisme memiliki pengaruh terhadap publik untuk tujuan penyampaian informasi yang baik dan benar tantang migas. Dalam pelaksanaan jurnalisme migas diharapkan wartawan taat pada peraturan perundang-umdangan bodamg jurnalistik, patuh pada kode etik jurnalistik, memahami peraturan bidang migas, nasionalisme migas dan konsep-konsep kunci induatri migas. Pemberitaan negatif tentang industri migas disebabkan dua hal yaitu wartawan yang meliput migas tidak memiliki latar belakang dan pemahaman yang baik mengenai migas dan humas perusahaan tidak mampu menyajikan informasi yang mudah dipahami dan mengantisipasi pemberitaan negatif industri migas. Intinya wartawan yang meliput pemberitaan migas harus didukung humas perusahaan dalam setiap pemberitaan industri migas.

3. Metta Dharmasaputra (Katadata) - Peran Media Digital dalam Pengembangan Industri Migas.

Media digital selalu membutuhkan ide/gagasan yang unik/berbeda dari yang lain namun harus mudah dipahami dan diingat oleh publik. Pada survei tahun 2017 didapatkan hasil bahwa Indonesia dengan jumlah penduduk sebanyak 262 juta jiwa diketahui pengguna internet sebanyak 132,7 juta jiwa, pengguna media sosial yang aktif sebanyak 106 juta jiwa, pengguna nomer ponsel 371,4 juta jiwa dikarenakan satu orang tidak hanya memiliki 1 nomer ponsel dan pengguna media sosial melalui ponsel 92 juta jiwa. Hal ini menunjukkan bahwa potensi pasar penggunaan internet, media digital melalui ponsel sangat pesat pertumbuhannya sejak tahun 2013-2017 dan akan makin bertambah pesat. Media digital yang memegang peranan dalam penyebaran informasi digital adalah facebook, youtube dan whatssapp. Media digital digunakan oleh katadata untuk menyajikan informasi dalam bentuk infografik yang menarik dan mudah dipahami yang bisa digunakan oleh berbagai pihak termasuk industri migas melalui link databoks.co.id.

4. Ahmad Djauhar (Dewan Pers) - Media Online Mendukung Kegiatan Usaha Hulu Migas.

Fungsi pers adalah sebagai penyelenggara saluran informasi berbadan hukum dimana dalam ketentuan penyelenggaraannya tunduk pada UU No.40/1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan juga UU No.11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (media online). Dewan Pers merupakan lembaga yang melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sehingga dalam peliputan berita baik di media konvensional dan media online sehingga diharapkan kualitas berita yang dihasilkan sesuai dengan peratuan dan ketentuan jurnalistik termasuk melakukan verifikasi setiap keberadaan media di Indonesia. Setiap media dan wartawannya diharapkan dapat bekerja secara independen dan profesional terutama bagi yang telah terverifikasi dan mendapatkan sertifikat UKW bagi wartawannya. Dunia pers baik media cetak, elektronik dan online juga memiliki kawajiban untuk memahamkan masyarakat dan mendukung daerah terhadap berbagai topik termasuk sektor migas yang merupakan sektor penopang perekonomian negara.

Sementara dalam kegiatan Media Gathering para wartawan bersama SKK Migas Kalsul dan KKKS melakukan kegiatan tim building yang melatih fokus individu dan kerjasama tim dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, Manajer Senior Humas SKK Migas Kalsul menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tahunan ini selain memberikan update informasi mengenai migas dan peningkatan kapasitas personil SKK Migas Kalsul-KKKS dan Wartawan, juga bertujuan mempererat silaturahmi dan keakraban antara humas SKK Migas Kalsul-KKKS Kalsul dengan para wartawan.

Top