SKK Migas Kalsul bersama KKKS PT. Mentari Pambuang Internasional Lakukan Seremonial Tajak Sumur Eksplorasi KP-1

Perwakilan Kalimantan & Sulawesi Kantor Pusat Jakarta

Mon, 07 October 2019 13:47 David Pratama

Home Berita


Sumur eksplorasi KP-1 yang akan di bor KKKS PT. Mentari Pambuang Internasional (MPI) terletak di lokasi Trans Unit 1, RT.009/RW.004, Desa Kartika Bhakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pihak-pihak yang hadir dalam kegiatan seremonial mewakili Bupati Seruyan yaitu Camat Seruyan Hilir Timur (Heri Zabua) beserta Kapospol Seruyan Hilir Timur (Aipda Ilham Nasution), Kades Kartika Bhakti (Usni) serta Kepala Puskesmas Seruyan Hilir Timur (Ali Rahman) dan juga para masyarakat Desa Kartika Bhakti, Kecamatan Seruyan Hilir Timur, Kabupaten Seruyan. Sementara dari SKK Migas Kalsul hadir Damar Setyawan, Eko Suryahadi, Radhiah Quraisy serta KKKS MPI (Alfian Harmiyanto) beserta tim.

Dalam sambutan Exploration Manager-MPI (Alfian Harmiyanto) menyampaikan bahwa pemboran sumur eksplorasi KP-1 akan menggunakan Rig Vinct #02 / 550 hp dengan rencana kedalaman sumur 3937 feet / 1200 m yang akan dikerjakan selama 26 hari. Demi keamanan dan keselamatan bersama diharapkan masyarakat tidak mendekat melewati batas keamanan yang telah ditetapkan tim HSE MPI selama kegiatan berlangsung.

SKK Migas Kalsul (Damar Setyawan) dala sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pemboran sumur eksplorasi KP-1 ini merupakan kegiatan milik Negara untuk membuktikan ada tidaknya kandungan migas di bawah permukaan tanah pada lokasi ini. SKK Migas bertugas melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan usaha hulu migas yang meliputi kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas. MPI bertindak sebagai kontraktor Pemerintah yang ditunjuk melalui Kontrak Kerja Sama untuk melakukan kegiatan hulu migas di WK Kuala Pambuang. Mengingat kegiatan milik Negara maka diharapkan dukungan dari Pemda dan seluruh masyarakat sekitar untuk bersama mengamankan pelaksanaan kegiatan ini. Apabila ada permasalahan maka masyarakat dapat menyampaikan kepada pihak Pemerintah Daerah atau kepada koordinator yang bertanggungjawab di lapangan dan tidak menghentikan jalannya operasi pemboran.

Mewakili Bupati Seruyan, Camat Seruyan Hilir Timur (Heri Zabua) menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah beserta jajarannya sangat mendukung terlaksananya kegiatan ini dan menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi aturan keselamatan yang telah ditentukan. Bila ada masalah juga dapat disampaikan langsung kepada Pemerintah Kecamatan untuk dicarikan solusinya bersama pihak perusahaan.

Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dan peninjauan bersama di dalam lokasi pemboran sumur eksplorasi migas KP-1.

Top