Seminar Nasional dengan Tema Sumber Daya Migas di Sumbagsel dan Pengembangannya Guna Meningkatkan Ketahanan Energi Nasional

Perwakilan Sumatera Bagian Selatan

Sat, 27 April 2019 09:26 David Pratama

Home Berita

Palembang, Sabtu 27 April 2019

Dalam rangka kegiatan Seminar Nasional yang di selenggarakan oleh IATMI bekerjasama dengan Politeknik Akamigas Palembang dan Unisversitas Sriwijaya (Unsri) yang bertema Potensi Sumber Daya Migas di Sumbagsel dan Pengembanganya Guna Meningkatkan Ketahanan Energi Nasional bertempat di Kantor Gubernur Provinsi Sumsel Ruang Bina Praja dimulai pukul 09.00 Wib s.d selesai.

SKK Migas menyampaikan paparan edukasi Hulu Migas oleh Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel dengan beberapa poin antara lain :

1. Apa dan siapa SKK Migas

2. Peran dan Kontribusi Hulu Migas Sumbagsel di indonesia

3. Kondisi Hulu Migas saat ini

4. Strategi jaka pendek dan menengah Industri Hulu Migas

5. Transpormasi Industri Hulu Migas

Acara dihadiri oleh Mahasiswa dan Siswa/i SMA sekitar Palembang juga pelaku Industri penopang Migas yang beroperasi di Sumatera Selatan.

Pertamina Ep Asset 2 menjadi salah satu sponsor utama penyelenggaraan kegiatan ini, sehingga seminar memberikan paparan yang komperhensif dari sisi SKK Migas dan dari sisi operasional KKKS (PEP Asset 2) serta sisi Hilir Migas (PT. Pertamina RU III).

Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan gambaran nyata mengenai kondisi kegiatan hulu migas saat ini dan gambaran hulu migas yang diharapkan pada masa yang akan datang dengan dukungan dari generasi genarasi selanjutnya yang saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA maupun di tingkat Universitas.

Paparan yang menarik membuat peserta antusias dalam sesi tanya jawab, pertanyaan pertanyaan yang disampaikan antara lain :

1. Bagaimana cadangan Migas Indonesia dan Sumbagsel khususnya

2. Hal hal apa saja yang dapat mempengerahui kelancaran operasional Hulu Migas

3. Transformasi energi fosil menjadi energi terbarukan,hal ini menunjukan bahwa Industri Hulu Migas mendapatkan perhatian yang besar dari dunia Akademis.

Mengingat masih banyak dunia akademis dan laposan masyarakat lainnya yang belum mendapatkan pembekalan dan pemahaman serupa,SKK Migas - KKKS masih perlu untuk melaksanakan kegiatan serupa di berbagai daerah dan lapisan masyarakat khususnya di lingkungan operasi/ wilayah kerja migas.

Pada kesempatan ini dalam upaya mendukung program Pemerintah dan Bank BUMN dalam konteks menggalakkan sistem pembayaran non-tunai (cashless), SKK Migas Sumbagsel memperkenalkan branding slogan ”Mengelola Hulu Migas untuk Negeri” dalam bentuk kartu e-money dari salah satu Bank BUMN.

(AAP/sh)

Top