PHE WMO KEMBALI TEMUKAN CADANGAN MIGAS DI BLOK WMO

Wed, 21 November 2012 13:21 David Pratama

Home Berita

Jakarta—Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) kembali menemukan cadangan minyak dan gas bumi (migas) baru di Blok WMO lepas pantai Bangkalan, Madura. Cadangan tersebut ditemukan dari sumur eksplorasi PHE KE48-1 yang terletak 13 kilometer sebelah selatan Lapangan PHE40 dan sekitar 5 kilometer sebelah selatan dari Central Processing Platform (CPP) Poleng.
"Sumur dibor sampai kedalaman akhir 11,000 -an feet di basement dan dilakukan pengetesan yang berhasil mengalir 1,650 BOPD dan 13 MMSCFD di Formasi Kujung," kata Senior Executive VP & GM PHE WMO Imron Asjhari dalam siaran pers PHE WMO, Rabu (21/11). Sepanjang tahun 2012, PHE WMO melakukan pengeboran empat sumur eksplorasi dan semuanya berhasil menemukan cadangan migas baru.
Setelah sukses menemukan sumur baru PHE KE48-1, rig COSL Seeker akan berpindah menggarap pengeboran sumur pengembangan di anjungan baru PHE-38B yang sudah selesai dipasang. PHE juga mulai melakukan pengeboran pada anjungan PHE-40 yang sudah terpasang awal bulan lalu. PHE WMO juga sedang mempersiapkan anjungan PHE – 54 dan PHE-39 yang akan dipasang bulan Desember mendatang.

Untuk menambah cadangan migas baru dan meningkatkan produksi dari Blok WMO, PHE WMO akan menambah 2 rig yaitu Rig PDSI Java Star milik Pertamina dan rig Bohai 8. Rig PDSI Java Star akan tiba di lokasi WMO awal Desember, sedangkan rig Bohai 8 sudah tiba di lokasi dan mulai melakukan pengeboran sumur eksplorasi PHE 52-1. (ALF)

Top