Pacu Peningkatan TKDN di Wilayah Sumbagsel, SKK Migas-KKKS Fasilitasi Pertemuan Stakeholder

Berita KKKS Kantor Pusat Jakarta Perwakilan Sumatera Bagian Selatan

Wed, 06 July 2022 19:17 David Pratama

Home Berita

Palembang, 5 Juli 2022 - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kerja Sama (KKKS) terus berupaya agar kehadirannya di suatu wilayah kerja juga turut meningkatkan pendapatan daerah dan masyakat setempat. Hal yang sama juga diterapkan pada wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) yang merupakan bagian dari industri migas, sekaligus menyimpan potensi komoditas pertanian yang jika dikembangkan dengan tepat, akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Rudi Satwiko, menegaskan SKK Migas senantiasa melakukan program pengembangan masyarakat dalam bentuk peningkatan kapasitas dan pendampingan usaha untuk meningkatkan daya saing, berdasarkan potensi dan karakteristik yang dimiliki daerah tertentu.

“SKK Migas terus berkomitmen agar kehadiran di sektor hulu migas nasional terus meningkatkan nilai tambah bagi daerah. Industri hulu dapat menggerakan sektor industri lain - baik UMKM maupun koperasi - dan menciptakan nilai tambah dan penerimaan negara yang lebih besar. Munculnya industri lain dan meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tak lepas dari peran aktif SKK Migas dalam menjembatani KKKS dan industri jasa penunjang,” tegas Rudi.

Dia menjelaskan, SKK Migas berhasil meningkatkan realiasi TKDN di bidang barang dan jasa di industri hulu migas sebesar 63 persen pada Mei 2022, meskipun pemerintah hanya menetapkan target 57 persen pada 2022. Nilai perkiraan pengadaan barang/jasa sebesar US$5.200 juta atau setara dengan Rp75 triliun, jika komitmen TKDN 2022 bisa direalisasikan maka diperkirakan sekitar Rp45 triliun pengadaan barang/jasa akan dinikmati oleh industri nasional.

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan peran industri penunjang nasional dalam kancah sektor hulu minyak dan gas, SKK Migas dan KKKS kembali memfasilitasi pertemuan para pemangku kepentingan (stakeholder) industri hulu migas di area operasi Sumbagsel. Pertemuan tersebut merupakan bagian dari Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional 2022 yang akan diselenggarakan di lima kota, yaitu Surabaya, Batam, Sorong, Balikpapan dan Palembang, yang masing-masing mewakili area operasi Jawa, Bali, Nusa Tenggara (Jabanusa); Sumatra Bagian Utara (Sumbagut); Papua dan Maluku (Pamalu), Kalimantan dan Sulawesi (Kalsul) dan Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel).

Pada acara Pra Kegiatan Forum Kapasitas Nasional wilayah Sumbagsel ini turut hadir pejabat Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru. Ia mengatakan industri hulu migas di Sumsel telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian masyarakat daerah. Salah satunya melalui program pembinaan yang dilakukan SKK Migas dan KKKS terhadap komoditas pertanian yang selama ini belum tergarap dengan tepat, seperti kopi liberika dan karet.

“Program pembinaan sangat membantu Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan dalam membangun daerah, memajukan masyakat sekitar kami dan mengentaskan kemiskinan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan mengatakan SKK Migas dan KKKS terus mencari peluang-peluang pelatihan dan pembinaan agar semakin banyak lapangan kerja yang tercipta. SKK Migas dan KKKS juga terus berupaya menciptakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM, memfasilitasi lahirnya pengusaha baru, memfasilitasi pertumbuhan dunia usaha dan dunia industri untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kapabilitas daerah.

“Dalam melakukan hal tersebut, SKK Migas dan KKKS menggunakan pendekatan kearifan lokal. Programnya disesuaikan dengan potensi daerah masing-masing. Dan di Sumbagsel penitikberatannya di pengelolaan komoditas pertanian,” katanya.

Program nyata yang dilakukan SKK Migas dan KKKS di Sumbagsel, menurut Anggono, antara lain adalah dengan pembinaan yang dilakukan KKKS Medco terhadap petani karet di 15 desa yang berada di Sumsel untuk mengelola kebun karet secara organik. Pembenahan dilakukan dari hulu hingga hilir. Selain itu juga ada program pembinaan kopi liberika yang dilakukan PetroChina yang berhasil berkembang menjadi wilayah ekowisata.

Pada kesempatan yang sama, pejabat PetroChina menuturkan keberhasilan program pendampingannya yang dalam melahirkan sebuah kampung wisata di Sukorejo, Jabung, Sumsel. Pihaknya, katanya, terus melakukan pendampingan dalam melahirkan SDM unggul yang dapat menjalankan program pariwisata di wilayah tersebut.

Sementara itu Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas, Erwin Suryadi, mengatakan dalam forum tersebut SKK Migas menyampaikan kebijakan dan regulasi-regulasi terbaru yang berhubungan dengan aktivitas usaha industri hulu migas.

“Kegiatan ini diharapkan akan mempertemukan para pelaku industri hulu migas dan industri penunjangnya sehingga mereka dapat memanfaatkan peluang terkait pengadaan barang dan jasa hulu migas ataupun pengembangan potensi-potensi masyarakat yang belum digarap maupun perlu ditingkatkan lagi. Kami berharap forum ini juga dapat mendorong peningkatan TKDN dan juga menyerap tenaga kerja di wilayah operasi migas lebih banyak lagi,” katanya.

SKK Migas, tegas Erwin, terus berupaya mendekatkan para pelaku usaha daerah untuk ambil bagian sebagai penunjang industri hulu migas, sekaligus mendorong peningkatkan kemampuan dan kapasitas para pelaku usaha di daerah untuk terlibat lebih jauh di aktivitas industri hulu migas

================================================================

TENTANG SKK MIGAS

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) adalah institusi yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi. SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

Mohammad Kemal

Plt. Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas

Email: [email protected]

Telp : 08121077217

Top