Belajar Kelola Hulu Migas, Dinas ESDM Aceh Audiensi ke SKK Migas

Perwakilan Jawa, Bali & Nusa Tenggara

Tue, 22 October 2019 10:55 David Pratama

Home Berita

Pemerintah Provinsi Aceh dalam hal ini diwakili Kepala Dinas ESDM Aceh Mahdinur didampingi Dirut PT PEMA Aceh (Holding BUMD Aceh), Komisaris Utama Bank Aceh dan Tim Negoisasi Pemda Aceh berkunjung ke SKK Migas dalam rangka belajar mengelola industri hulu migas serta konsultasi terkait dengan akan berakhirnya pengelolaan blok migas di Aceh. Pada kunjungan ini, Tim Pemerintah Provinsi Aceh di terima oleh Staff Ahli SKK Migas Sulistya H.W beserta jajaran dari Divisi Perencanaan, Divisi ProKom dan Divisi Hukum SKK Migas.

Menurut Kepala Dinas Aceh Mahdinur, audiensi dan konsultasi ini dalam rangka belajar pengelolaan industri hulu migas sehubungan dengan UU kekhususan Aceh telah memberikan kewenangan pengelolaan migas yang dalam beberapa hal dikerjakan/diputuskan sepenuhnya oleh Pemerintah Aceh bersama Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan dalam hal-hal tertentu harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian ESDM. Semangat yang ada di Aceh adalah bagaimana pengelolaan hulu migas senantiasa berada dalam koridor hukum dan regulasi yang berlaku, namun memberikan manfaat yang besar bagi Pemerintah Aceh dan kesejahteraan bagi masyarakat Aceh. Untuk itu, Aceh perlu belajar pada SKK Migas yang telah berpengalaman dalam mengelola industri hulu migas di Indonesia dan yang membina lahirnya BPMA. Bagaimana mengelola blok terminasi, mendorong eksplorasi untuk penemuan cadangan migas menjadi salah satu bahasan dalam audiensi tersebut.

Staff Ahli SKK Migas, Sulistya H. W. menyampaikan permohonan maaf dari manajemen SKK Migas karena sudah ada agenda sehingga tidak bisa menerima audiensi dari rombongan Pemerintah Aceh. Sesuai arahan manajemen, bahwa SKK Migas akan memberikan dukungan bagi BPMA dan Pemerintah Aceh dalam rangka mengelola dan mengoperasikan blok migas di Aceh. Pengalaman dan keahlian dari jajaran SKK Migas diharapkan dapat mendukung upaya Pemerintah Aceh dalam merealisasikan pengelolaan Migas di Aceh sesuati dengan tujuan yang telah ditetapkan.

Top