Home Whistle blower

Whistle Blower


Q: Mengapa saya harus melaporkan pelanggaran?

A: Untuk membantu menciptakan atau membangun lingkungan industry hulu migas yang berintegritas, bersih, dan bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).

Q: Bisakah saya memilih untuk tidak memberitahukan identitas?

A: Anda dianjurkan untuk memberikan data diri yang sekurang-kurangnya memuat alamat/nomor telepon/handphone/faksmili/alamat email. Namun, semua terserah pada pilihan anda, apakah anda memilih untuk mengungkapkan identitas anda atau tidak. Ada kalanya identitas anda mungkin akan terlihat oleh Kawal SKK MIGAS dari informasi yang dilaporkan. Identitas pelapor akan dirahasiakan oleh Kawal SKK MIGAS, kecuali jika pelapor memilih untuk mengungkapkannya. Setiap upaya yang layak dilakukan dan diperbolehkan oleh hukum akan dijalankan agar identitas pelapor tidak terungkap.

Q: Apa yang terjadi jika saya melakukan panggilan?

A: Panggilan telepon ke Kawal SKK MIGAS tidak direkam dan kami tidak memakai fasilitas ID pemanggil yang dapat mengidentifikasi panggilan. Anda tidak akan diminta oleh Kawal SKK MIGAS untuk memberikan nama anda, kecuali bila anda yang ingin mengungkapkan identitas anda. Laporan anda akan dikenal hanya dengan nomor referensi, kecuali anda memilih untuk memberikan nama dan identitas kepada Kawal SKK MIGAS.

Q: Pelanggaran apa yang harus saya laporkan?

A: Anda bisa melaporkan berbagai dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh pihak internal SKK MIGAS seperti dugaan korupsi, dugaan pelanggaran Pedoman Etika SKK MIGAS, dugaan pelanggaran Pedoman Pengendalian Gratifikasi SKK MIGAS, dugaan kecurangan, dugaan konflik kepentingan, dugaan pelecehan, dugaan penyebaran atau pembocoran rahasia perusahaan.

Q: Apa yang perlu saya beritahu kepada Kawal SKK MIGAS?

A: Berikanlah informasi selengkap mungkin kepada Kawal SKK MIGAS apabila anda melaporkan suatu indikasi pelanggaran. Contohnya seperti:

  • Nama orang yang terlibat/terlapor
  • Nama saksi
  • Tanggal, waktu, dan lokasi kejadian
  • Kronologi kejadian
  • Bukti-bukti yang anda ketahui (apabila ada)
  • Jumlah kerugian (apabila ada)
  • Frekwensi kejadian

Q: Bagaimana jika saya mencurigai sesuatu pelanggaran tapi saya tidak yakin?

A: Kebanyakan kasus yang dilaporkan adalah temuan dari orang-orang yang jujur dan peduli yang pada awalnya tidak yakin akan fakta yang mereka temukan. Hal ini biasa terjadi. Kami tidak mengharapkan anda untuk mengetahui setiap rincian kejadian. Melaporkan apa yang anda ketahui sudah lebih dari cukup.

Q: Setelah saya membuat laporan, apakah saya akan terlibat?

A: Anda tidak perlu terlibat setelah anda membuat laporan atas suatu pelanggaran. Namun jika anda mempunyai informasi baru atau tambahan, atau anda ingin membuat perubahan pada laporan anda sebelumnya, anda dapat menghubungi kami dan menyebutkan nomor referensi yang telah diberikan pada awal anda melakukan panggilan.

Q: Setelah pelanggaran dilaporkan, dalam jangka waktu berapa lamakah Unit Pengelola Kawal akan dihubungi?

A: Kami akan mengirimkan laporan yang diterima kepada Unit Pengelola Kawal SKK Migas yang telah ditunjuk dalam waktu 1 (satu) hari kerja setelah laporan diterima. Tetapi jika anda melaporkan sesuatu yang membahayakan hidup, kami akan menghubungi Unit Pengelola Kawal SKK Migas dengan segera.

Q: Apa saya akan mendapat penghargaan setiap melakukan pelaporan?

A: Pada saat ini tidak ada bentuk penghargaan khusus yang akan diberikan dengan membuat laporan pelanggaran ke Kawal SKK MIGAS.

Q: Berapa kali saya boleh menghubungi Kawal SKK MIGAS?

A: Anda boleh menghubungi Kawal SKK MIGAS setiap kali anda merasa adanya indikasi pelanggaran.

Q: Apakah penegak hukum akan diberitahu mengenai laporan yang dibuat ke WBS SKK MIGAS?

A: Informasi yang dilaporkan diberikan kepada Unit Pengelola Kawal SKK MIGAS yang bertanggungjawab untuk menindaklanjuti pelanggaran.Unit tersebut akan memutuskan tindakan lanjutan yang akan dilakukan, seperti melaporkannya ke penegak hukum, jika merasa perlu.

Q: Apakah akan ada proses penyelidikan setelah laporan dibuat?

A: Dilakukannya proses penyelidikan akan tergantung pada berbagai faktor seperti informasi yang diberikan, rincian kejadian, dokumentasi dan kebijakan SKK MIGAS. Unit Pengelola Kawal SKK Migas akan memutuskan tindakan lanjut yang diperlukan ketika mereka menerima laporan dalam waktu 15 hari

Q: Informasi pribadi apa yang akan dikumpulkan oleh Kawal SKK MIGAS tentang anda atau orang lain?

A: Waktu anda melakukan panggilan ke Kawal SKK MIGAS, kami akan mengumpulkan informasi tentang pelaporan dan orang-orang yang dilaporkan oleh pelapor.

Q: Bagaimana Kawal SKK MIGAS menggunakan atau mengungkapkan informasi pribadi yang didapat?

A: Kawal SKK MIGAS akan mempertimbangkan cara yang paling tepat untuk menggunakan atau mengungkapkan informasi pribadi yang diberikan kepadanya selama dapat membantu tindakan lanjut pelanggaran yang dilaporkannya.