Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik lima pimpinan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/5). Pelantikan disaksikan Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi.

Kelima pimpinan tersebut yaitu, Wakil Kepala SKK Migas, M.I  Zikrullah yang digantikan oleh Sukandar. Sebelumnya, Sukandar menjabat Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk. Lalu Sekretaris SKK Migas Budi Agustyono diganti oleh Arief Setiawan Handoko yang sebelumnya menjabat vice president di ConocoPhillips, perusahaan migas asal Amerika Serikat. Deputi Perencanaan SKK Migas juga berganti dari Gunawan Sutadiwiria menjadi Jaffee Arizon Suardin. Sebelumnya, Jafee adalah tenaga ahli Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar. Lalu Fatar Yani Abdurrahman menggantikan Muliawan sebagai Deputi Operasi. Fatar berlatar belakang eksekutif di perusahaan migas pelat merah Malaysia, Petronas. Terakhir, Deputi Dukungan Bisnis Rudianto Rimbono digantikan Muhammad Atok Urrahman, yang sebelumnya staf ahli di Komisi Pengawas SKK Migas.

Dalam sambutannya, Menteri ESDM mengucapkan terima kasih atas sumbangsih pejabat lama SKK Migas. Dia meminta pejabat baru SKK Migas dapat memangkas biaya penggantian operasi (cost recovery) migas lantaran jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. "Saya dan Presiden (Jokowi) termasuk orang yang tidak mengerti mengapa cost recovery naik, produksi malah turun," katanya.

Dia juga berharap SKK Migas mempercepat prosedur perizinan hulu migas. “Jangan sampai ada lagi yang datang ke saya bilang prosedurnya lama sekali," ujar Jonan.

Menurut Amien, menggantian untuk memberikan energi baru bagi SKK Migas agar bisa lebih cepat dan efisien. (ACU)