Jakarta—Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menyelenggarakan General Affairs (GA) Forum 2016 guna mendorong terlaksananya layanan fasilitas kantor yang berkualitas dan efisien di industri hulu migas. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 240 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) ini dilaksanakan di Kantor SKK Migas, Kamis (1/12).

Meskipun bukan bisnis inti industri hulu migas, General Affairs, atau jasa layanan umum, merupakan fungsi pendukung yang sangat dibutuhkan guna mewujudkan kesinambungan kegiatan operasional industri hulu migas. Fungsi ini mengurusi banyak hal, mulai dari sewa gedung, transportasi untuk mobilisasi pekerja, fasilitas dan peralatan kantor, fasilitas kedinasan, sampai alat tulis kantor (ATK).

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan fungsi General Affairs harus mampu berkontribusi untuk menjawab tantangan yang sedang dihadapi industri hulu migas saat ini, yaitu menurunnya nilai investasi akibat rendahnya harga minyak dunia. Untuk dapat bertahan menjalankan kegiatan di tengah kondisi seperti ini, semua pihak dituntut untuk menghasilkan keputusan bisnis yang paling ekonomis.

“Fungsi General Affairs juga harus dapat mendukung korporasi agar dapat menjalankan proses bisnis dan proses pengambilan keputusan yang lebih cepat dan lebih efisien,” ujar Amien.

General Affairs (GA) Forum 2016 merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan SKK Migas. Dalam forum ini, praktisi General Affairs bertukar ide dan pengalaman dalam penerapan jasa layanan umum di industri hulu migas. (Alf)